Perkenalkan Nemesis, Mobil Listrik Super dari Inggris

Ditulis oleh: -

Inilah Nemesis, mobil listrik buatan Inggris berperforma tinggi. Ia mampu berakselerasi dari nol ke 160 kilometer per jam dalam 8,5 detik dan mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 274 kilometer per jam. Daya mobil tersebut dihasilkan baterai yang didesain eksklusif oleh Ecotrocity, perusahaan yang memasang generator kincir angin di penjuru Inggris.

Mobil ini memang proyek yang didorong semangat sang pendiri perusahaan, Dale Vince. Menurut pemberitaan Wired, Selasa (25/9), ia saat ini masih menjadi satu-satunya mobil elektrik super yang pernah dibuat di Inggris. Bila gagasan membuat Lotus berdaya listrik terdengar akrab di telinga anda, maka anda tak sendiri.

Ketika produsen otomotif, Tesla memilih menggunakan chassic Lotus yang berputar untuk membuat Roadster, maka Nemesis dimulai dari chassis Lotus Exige yang dibeli dari tangan kedua di eBay. Para seniman otomotif memperpanjang lagi dengan 90 mm dan menginstalnya dengan listrik.

Sementara energi mobil dihadirkan dari motor 125-kilowatt yang memproduksi 330bhp, dan disokong bahan bakar berupa kantong lithium bersel kobal polimer 96 x 100 A/h 4.2 V Baterai dengan kapasitas 36 kWh itu memberi kemampuan mobil untuk melaju hingga 240 kilometer sekali isi, atau sekitar dua jam penggunaan.

Bila anda bertanya-tanya apa yang membuat mobil ini begitu keren, itu karena Ecotricity memekerjakan orang yang tepat. Desainer style utama adalah Peter Stevens, sosok yang berada di balik konstruksi mobil balap McLaren F1. Istimewenya, orang-orang yang bersama dia adalah otak-otak yang berada di balik Lotus Elan, Corvette 2R2, Jaguar XJR15 dan De Lorean.

Permulaan yang mungkin paling dibanggakan Dale Vince adalah emisi karbon dioksida sebesar nol gram ketika mobil diisi daya dari salah satu kincir anginnya. Tertarik memiliki? Baiklah, menurut Ecotrocity, banderol resmi dari mobil yang masih tahap pengembangan itu dulu di bawah 1 juta poundsterling, yang berarti masih mungkin bertambah.

Sumber