YouTube Sediakan Layanan Terjemahan Video

Ditulis oleh: -

YouTube meluncurkan layanan translasi pada video yang bisa diterjemahkan ke 300 bahasa, dari Turki hingga Tagalog. "Bertumbuhnya audiens global di YouTube berarti sebuah video bisa ditonton oleh banyak orang dengan bahasa yang berbeda," tulis Jeff Chin, manajer produk YouTube, di blognya.

Layanan terjemahan ini terdiri dari dua jenis. Layanan pertama adalah caption pada video diterjemahkan secara otomatis menggunakan layanan Google Translate ke 60 bahasa. Layanan kedua khusus untuk terjemahan bahasa yang kurang umum, yang diterjemahkan menggunakan Google Translator Toolkit dan terintegrasi ke YouTube Video Manager.

Dengan Video Manager ini, seorang pengguna bisa menerjemahkan sendiri videonya menggunakan layanan Google Translator Toolkit.  Video Manager ini juga memungkinkan pengguna yang mengunggah video bisa menonton video terkait sambil melakukan translasi.

Menurut YouTube, lebih dari 800 juta pengunjung mengakses situs ini tiap bulannya. Sebanyak 70 persen pengguna mengakses dari 43 negara. Dengan kemudahan menerjemahkan video ini, maka sebuah video bisa dinikmati oleh penonton yang lebih global.

"Dengan menerjemahkan caption ke bahasa lain maka sebuah video menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna dari bahasa lain," tulis Chin.