Cara Mengobati Bibir Pecah-pecah

Ditulis oleh: -
Cara Mengobati Bibir Pecah-pecah

Salah satu peyebab utama terjadinya bibir pecah-pecah adalah kurangnya kelembaban pada bibir dan juga pada kulit sekitar bibir.Masalah bibir pecah-pecah biasanya terjadi pada musim dingin,namun ada orang yang mengalami bibir pecah-pecah pada musim panas dan ada yang mengalami bibir pecah-pecah sepanjang tahun.

Masalah bibir pecah-pecah yang ringan dapat diobati dengan beberapa solusi sederhana.Namun ada beberapa orang yang menderita bibir pecah-pecah kronis,ini dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan yang mendasari.Jika Anda mengalami bibir pecah-pecah kronis sebaiknya segera ke dokter. Penyebab Bibir Pecah Pecah :
  • Kondisi Iklim
Salah satu penyebab paling umum bibir pecah-pecah adalah iklim musim dingin.Selama musim dingin,lingkungan menjadi kering,efeknya…kelembaban pada kulit maupun bibir berkurang sehingga membuat kulit dan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.Namun ada orang yang mengalamai masalah bibir pecah-pecah selama musim panas.Penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan.
  • Dehidrasi
Dehidrasi juga dapat menjadi penyebab terjadinya bibir pecah-pecah.Jika Anda belum minum air dalam waktu yang lama, tubuh Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda dehidrasi dan tanda pertama dehidrasi adalah bibir menjadi kering dan pecah-pecah.Itulah kenapa saat berpuasa banyak orang mengalami bibir pecah-pecah.
  • Reaksi Alergi
Sebagian besar kosmetik dan produk kecantikan yang bahan utamanya terbuat dari bahan kimia dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.Dengan cara yang sama,beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap jenis lipstik tertentu yang dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.
  • Kurang Vitamin
Penyebab lain di balik masalah bibir pecah-pecah adalah kurangnya vitamin dan mineral dalam diet.Vitamin A, B, C dan B2 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bibir.Jadi,jika vitamin ini tidak ada dalam diet Anda,dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering. Selain ini,makan makanan pedas terlalu banyak juga dapat menjadi penyebab masalah bibir pecah-pecah.

Terlepas dari penyebab yang telah di sebutkan di atas,ada beberapa penyebab lagi yang dapat mengakibatkan terjadinya bibir pecah-pecah kronis.Salah satunya adalah merokok.Orang yang memiliki kebiasaan merokok cenderung memiliki bibir kering dan pecah-pecah sepanjang tahun.Kebiasaan buruk lain yang menyebabkan bibir pecah-pecah adalah menjilat bibir,kebiasaan ini dapat membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.Terakhir,bibir pecah-pecah juga dapat terjadi akibat reaksi alergi terhadap beberapa jenis obat atau obat-obatan.

Meskipun perawatan untuk bibir pecah-pecah tergantung dari penyebabnya,namun jika Anda tahu bahwa bibir anda pecah-pecah di sebabkan karena perubahan iklim,menjaganya agar tetap lembab dengan memakai lip balm dapat membantu dalam melindungi bibir Anda.Berikut ini beberapa tips mengobati bibir pecah pecah di rumah:
  1. Minyak kelapa sangat efektif untuk mengobati bibir pecah-pecah.Cukup oleskan sedikit minyak kelapa di bibir Anda beberapa kali sehari.
  2. Lidah buaya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit kita.Taruh sedikit gel lidah buaya di bibir Anda setiap hari untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah.
  3. Tumbuk beberapa kelopak mawar dan tambahkan beberapa tetes gliserin.Oleskan pada bibir Anda setiap malam sebelum tidur Ini dapat mempertahankan warna dan kelembaban bibir Anda.
  4. Usapkan irisan mentimun pada bibir Anda untuk menghilangkan bibir pecah-pecah.
  5. Menggunakan Madu dan Vaseline
Madu merupakan salah satu obat alami dan sering digunakan untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit.Vaseline adalah anti bakteri yang bermanfaat untuk melindungi kulit.Menggabungkan madu dan vaseline dapat mengobati bibir pecah-pecah.

1.Oleskan madu pada bibir Anda
2.Biarkan madu di bibir Anda sampai kering
3.Oleskan Vaseline ke bibir Anda,biarkan selama 10 – 15 menit.
4.Ambil kapas dan celupkan ke air hangat
5.Gunakan kapas ini untuk menghapus campuran madu dan vaseline pada bibir Anda.Lakukan dengan lembut dan dalam 2 kali usapan.

Ulangi prosedur di atas selama sekitar 2 – 5 hari untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah.

Sumber

Baca juga "Tips Membentuk Bokong"